Selasa, 09 Oktober 2012

Nokia Gem,Ponsel Masa Depan.

Seperti apa ponsel masa depan? Sebuah konsep dari Nokia menunjukkan, ponsel yang sekujur tubuhnya, dari depan sampai belakang dan sisi-sisinya, adalah layar sentuh.
Konsep itu bernama Nokia Gem yang diperkenalkan bertepatan dengan ulang tahun ke-25
Nokia Research Center. Seluruh permukaan yang berupa layar sentuh itu pun bisa berubah-ubah sesuai fungsi yang dipilih pengguna.
Dalam video di YouTube dari NokiaConversations, didemokan beberapa kemampuan ponsel yang masih sebatas angan-angan itu. Misalnya, saat digunakan sebagai peta, tampilan depan bisa menunjukkan lingkup area yang sempit, tapi saat dibalik ponsel akan menampilkan peta yang lebih luas.
Konsep lain yang ditampilkan adalah berbagi file atau media dengan interaksi sesama ponsel. Misalnya dengan menuangkan file dari satu ponsel ke ponsel lainnya.
Ada juga yang menunjukkan potensi pendapatan bagi operator telekomunikasi. Saat pengguna menerima panggilan telepon tertentu, misalnya, layar belakang akan menampilkan iklan yang bisa dilihat orang lain.
Jarkko Saunamaki, Senior Design Manager dari tim desain yang merancang konsep Nokia Gem, menyebutnya sebagai the ultimate customizable device. "Ponsel saat ini, ketika Anda memotret dengannya, bentuknya akan tetap seperti ponsel. Tapi dengan Gem, saat kamera diaktifkan, ia akan terlihat seperti kamera," tulisnya di blog Nokia Conversations.
Konsep ponsel ini mungkin menarik, tetapi ada beberapa masalah yang mengganjal dari sebuah ponsel yang sekujur tubuhnya adalah layar. Pertama, bagaimana konsumsi baterainya? Ponsel layar sentuh saat ini saja terbukti sangat boros baterai. Masalah kedua, bagaimana menghindari tidak sengaja menyentuh tombol yang ada di layar?
Apa pun itu, kreativitas konsep Nokia Gem ini menarik untuk diamati. Bukan tidak mungkin dari konsep ini akan lahir fitur atau rancangan ponsel yang praktis untuk ponsel masa depan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar